Cahaya Cinta Diri

 Ada fenomena global yang tidak dapat Anda hindari, apakah Anda seorang materialis atau spiritualis - panggilan untuk mencintai diri sendiri. Sepertinya semua orang berbicara tentang cinta diri, baik itu di media sosial melalui gambar yang berbicara tentang kualitas terkenal ini, berita harian atau pesan halus dari iklan. Seolah-olah seluruh generasi telah bangkit dari rawa kebencian terhadap diri sendiri, melontarkan dirinya ke dalam dunia "cinta diri" yang membingungkan.

Apa masalahnya dengan cinta diri? Tidak ada, kecuali hal itu dapat membawa kita ke dalam perangkap lengket penipuan diri, yang dapat menghalangi perjalanan kita menuju penemuan diri.

Masalah Mendasar

Mengapa kita bahkan perlu membicarakan tentang cinta diri begitu meluas?

Karena masalah mendasar dan universal bagi kita manusia adalah rasa kekurangan, atau ketidaklengkapan. Dalam Tantra, rasa kekurangan universal ini dikenal sebagai anava mala . Kata mala berarti ketidakmurnian, dan anava menemukan akarnya dari kata anu , yang berarti atom atau entitas yang sangat kecil. Istilah ini diterapkan pada proses penciptaan - dalam Tantra, Siwa-Shakti atau Yang Ilahi menjadi alam semesta. Yang Ilahi mewakili sat-chit-ananda atau kesadaran yang abadi, tidak terikat, dan tidak terbatas. Kesadaran tak terikat ini, dengan kehendak bebasnya sendiri, memutuskan untuk mengikat dirinya dalam ciptaan, dan dikontrak dari kemapanannya yang tak terduga.

Dalam menjadi Anda dan saya, Yang Ilahi menjadi terkait dengan cerita dan identitas kita yang terbatas. Anda bertanya kepada saya siapa saya, dan saya menceritakan kisah saya - sejarah saya, budaya, pekerjaan, peran saya bermain - sifat-sifat ini adalah yang saya pikir saya. Tetapi pada kenyataannya, saya (seperti anda) adalah Siwa-Sakti.

Dan bahkan ketika saya tidak tahu tentang Siwa, Shakti, atau kesadaran, saya merasa tidak lengkap - karena cerita saya sepertinya bukan “cerita lengkap” tentang siapa saya. Tidak peduli apa yang saya lakukan untuk memenuhi rasa kekurangan mendasar ini, itu terus menjadi masalah. Saya mencoba mengisi lubang yang menganga itu dengan uang, ketenaran, prestasi, kesuksesan, hubungan, ajaran spiritual… Namun, itu tetap tidak terisi, seperti maag yang tidak kunjung sembuh.

Tidak hanya anava mala yang menggerakkan seluruh hidup kita, tetapi juga memunculkan dua malas lainnya (ya, saya tahu, sepertinya satu saja tidak cukup!) - mayiya mala dan karma mala .

Masalah Tambahan

Mayiya mala adalah perasaan terpisah dari orang lain. Sangat mudah untuk melihat bagaimana ini terjadi. Jika saya mulai menganggap kisah saya tentang saya menjadi diri saya sendiri, maka kisah Anda adalah Anda, dan kisah setiap orang adalah orang itu.

Rasa keterpisahan ini membuat kita tetap bertahan - perhatian utama saya adalah "saya" dan dunia menjadi "bukan saya". Saat kami bersatu dalam berbagi cerita, perhatian kami meluas ke "kami" versus "bukan kami".

Anava dan mayiya malas mengkristal untuk memberi kita rasa mala - karma ketiga. Kita memiliki perasaan yang mengakar sebagai orang yang dibatasi pada aktivitas terbatas dalam kehidupan sehari-hari kita dan orang yang mengalami hasil baik atau buruk dari tindakan kita. Ingatlah, mala ini berasal dari mala fundamental dari kontraksi kesadaran tanpa batas menjadi keterbatasan. Dan dengan demikian, karma mala memberi kita rasa tindakan terbatas, di mana pola berpikir dan pengkondisian kita dari cerita kita (anava dan mayiya malas) mendorong tindakan kita hampir secara spontan.

Kami bereaksi dengan cara yang sama terhadap rangsangan yang sama karena kami telah kehilangan kebebasan untuk memilih. Dengan demikian, kekuatan tindakan Ilahi yang tidak terbatas menjadi terkontraksi dalam hilangnya kebebasan ini.

Apa Hubungan Ini dengan Cinta-Diri?

Seperti yang telah kita lihat di atas, masalah mendasar adalah salah satu kekurangan dan tidak dapat dikurangi dengan apa pun yang mendukung cerita tentang "aku". Salah satu cara munculnya kekurangan ini adalah perasaan bahwa kita kecil dan tidak penting. Dalam kasus saya, misalnya, ini adalah perasaan "bukan siapa-siapa". Perhatikan mayiya mala di sini - "bukan siapa-siapa" selalu dibandingkan dengan orang lain yang merupakan "seseorang".

Di sinilah menjadi rumit. Jika rasa kekurangan saya yang mendasar mengatakan bahwa saya tidak berarti dan saya membuat cerita pikiran untuk merasakan sebaliknya - misalnya, mengingat kesuksesan saya, sifat dan kekuatan positif saya, atau menegaskan bahwa tidak ada yang salah dengan saya - saya merasa baik, tetapi hanya untuk sementara. Ini karena saya belum melihat sifat dasar dari rasa kekurangan itu. Sebaliknya, saya mencoba menenangkan satu cerita dengan lebih banyak cerita, yang semuanya hanya memberi makan dan menyebarkan tiga malas.

Fajar Cinta Diri

Ketika kita membiarkan pikiran dan perasaan kita muncul dan menjadi begitu saja, tanpa menambahkan lebih banyak cerita ke dalam kisah "aku", hal ajaib mulai terjadi. Kita berangsur-angsur menyadari bahwa pikiran dan perasaan datang dan pergi, tetapi kesadaran itu permanen dan tidak berubah. Ketiga malas dapat dilihat dalam tindakan jika kita dapat mengamati proses kita secara terbuka, tidak menghakimi. Kita dapat melihat bahwa cerita pikiran kita terus-menerus berputar di sekitar "saya", tetapi ketika diberi ruang untuk muncul, itu mulai berkurang.

Saat kita terus mengembangkan kapasitas ini untuk mengamati malas kita dalam tindakan, perhatian kita beralih ke kesadaran di mana mereka muncul dan menghilang.

Kita mulai melihat bahwa kesadaran ini adalah siapa kami sebenarnya - tanpa batas, cerita, atau identitas terbatas. Dan kesadaran ini memiliki kapasitas yang luar biasa untuk menyambut semua, bahkan para malas, dengan tangan yang penuh kasih.

Lihat diri mu sendiri.

Apakah kesadaran menghentikan munculnya rasa kekurangan, atau pemisahan, atau pelaku Anda? Tidak. Semuanya diperbolehkan dengan bebas.

Apakah kesadaran menilai apa yang pantas diizinkan di dalamnya? Tidak. Hanya pikiran Anda yang menilai ini baik dan itu buruk, ini layak dan itu tidak berharga.

Apakah kesadaran memiliki kualitas yang tidak lengkap? Tidak. Hanya identifikasi Anda dengan cerita Anda yang menimbulkan kurangnya harga diri.

Intinya, kesadaran terasa seperti cinta - kualitas sambutan manis yang tidak bersyarat dan universal. Bahkan ketika pikiran itu kebencian atau rasa sakit, kesadaran menyambutnya dengan penuh kasih.

Kesadaran itu adalah Anda. Dan Anda adalah cinta.

Jadi Anda lihat, kami tidak signifikan dan signifikan pada saat yang sama. Ceritamu, ceritaku, kisah kita memang tidak penting - seperti yang mereka katakan, hidup kita hanyalah titik-titik dalam skema besar alam semesta. Namun, kita penting karena siapa kita tidak terbatas, kesadaran cinta yang tidak terbatas di mana seluruh alam semesta lahir, dan akhirnya surut!

Paradoks Cinta-Diri

Cinta diri yang sangat kita cari adalah alami, didorong oleh malas karena sifat mereka untuk mencari penyelesaian - dalam mengetahui siapa kita sebenarnya. Namun, kami mencarinya di tempat yang salah! Ini seperti kita mencari kacamata kita karena lupa bahwa kita sedang memakainya. Padahal, identitas kita sebagai cinta bahkan lebih dekat dari itu.

Semua ini tidak dimaksudkan untuk mengurangi nilai penerimaan diri di tingkat mana pun. Kebetulan tingkat penerimaan diri tertentu memang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan batin yang dalam ini. Ini memberikan bahan bakar untuk jenis penampilan yang dibutuhkan pekerjaan ini.

Kita harus memahami, pertama dan terpenting, bahwa kita terbatas - bukan dalam cara masokis "Aku" tidak cukup baik", tetapi dengan melihat bahwa hal itu muncul dari identifikasi dengan cerita kita, yang bersifat universal. Perasaan kekurangan yang kita bawa bukanlah pribadi. Itu hakikat keberadaan. Saat kita melakukan ini, kita terbuka untuk menyayangi diri sendiri. Ini kemudian membuka kita untuk mencintai - pada tingkat apa pun praktik kita membuatnya tersedia bagi kita. Dan kami bekerja dari sana. Percikan cinta-Diri ini (Jiwa adalah kesadaran) adalah bahan bakar yang mendorong kemampuan kita untuk membedakan antara cerita kita dan kesadaran di mana mereka muncul dan menghilang.

Keindahan dari jenis cinta-diri ini adalah bahwa ia mencakup semua yang ada di dalamnya - "Aku" dan "bukan Aku" karena keduanya sama-sama muncul dan mereda dalam pelukannya yang ramah. Cinta kemudian berhenti diarahkan secara kondisional dan menjadi cara hidup kita. Tidak perlu mendongeng atau menegaskan.

Hanya dengan pergeseran ini kita dapat melihat bahwa kita penting dan tidak signifikan pada saat yang sama - salah satu dari banyak paradoks jalan penemuan-diri.

Dapatkan penjelajahan jiwa dan bayangan kita seperti ini dalam konteks sepuluh dewi kebijaksanaan dalam buku Dasa Mahavidya.