Membuka Pintu ke Jantung dengan Kekuatan Mendengar

Seorang lelaki tua datang ke perpustakaan; dia tampaknya terganggu oleh sesuatu. Saya menghentikan pekerjaan saya dan memberinya perhatian penuh. Ketidakpuasannya dibenarkan, dan saya tidak bisa berbuat banyak untuk membantunya. Saya hanya mendengarkannya. Entah bagaimana, percakapan berevolusi dari topik pribadi ke universal. Bersama-sama, kita perlahan-lahan terjun ke perairan Jantung yang lunak dan rentan . Dengan kata-kata kami, kami menyentuh kepedihan jiwa manusia, kerinduan untuk menemukan makna terdalam dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan untuk mempersembahkan apa pun yang dapat diberikan oleh hati kita.

Saya ingin membagikan satu ayat dari Bhagavad Gita dengannya, tetapi saya tidak yakin apakah saya dapat menemukannya. Ketika saya membuka buku itu ke halaman acak, ayat pertama yang saya lihat adalah ayat yang ingin saya bagikan: “Lebih baik memenuhi tugas Anda sendiri, tidak peduli seberapa rendah dan sepele kelihatannya, daripada terlibat dalam tugas lain, bahkan jika itu tampak sangat mulia. "

Wajah lelaki itu berubah dari satu menit ke menit berikutnya — kelembutan dan kerentanan muncul di matanya. Saya merasakan harta langka dari percakapan dengan seseorang yang tahu seni mendengarkan dan mengekspresikan diri. Tidak ada kata-kata kosong atau tidak berguna, dan saat-saat hening yang lezat menuntun kami lebih dalam ke musik yang kami ciptakan bersama. Kami menemukan diri kami melakukan perjalanan ke kedalaman kemanusiaan kita, berbagi perjalanan penemuan apa yang melampaui kata-kata.

Kata-kata itu menuntun kami ke keheningan suci, dan pada saat tertentu, ada hubungan yang begitu mendalam sehingga saya merasakan air mata mengalir di mata saya. Tapi, aku tidak bisa membiarkan diriku menangis di depan seorang pria yang baru saja kutemui beberapa menit sebelumnya.

Aku ada di sana ... di ruang kasih sayang, cinta, koneksi ... melangkah keluar dari "aku kecil" ku menjadi sesuatu yang misterius, kerinduan hati yang mendalam. Percakapan dengan orang asing menjadi meditasi.

Mendengarkan Mendalam Membuka Pintu ke Jantung

Selama Retret Prathyabhijna 49-Hari , saya mengalami bahwa mendengarkan yang sejati adalah pintu langsung ke Jantung: “Aku” terdalam kita. Tindakan mendengarkan memasuki ruang di mana cinta selalu hadir. Jika kita benar-benar mendengarkan, semuanya menjadi guru kita, semuanya mengungkapkan Kebenaran.
Ketika saya melihat ke dalam diri saya sendiri, saya melihat awan kekhawatiran, kecenderungan, ketakutan, rencana, strategi ... Semua aspek kemanusiaan saya ingin mengekspresikan diri dan meminta perhatian. Tujuan saya adalah menerimanya. Mereka adalah ekspresi dari kebutuhan untuk mencintai diri sendiri dan menjalani kehidupan yang terpenuhi.

Namun, tindakan mendengarkan dalam-dalam adalah menyelam di luar perairan pikiran yang bergejolak ini. Mereka masih bisa menari di latar belakang, tetapi hati ingin lebih dalam, dengan kerinduannya sendiri sebagai panduan. Ia ingin melihat ke mata manusia lain dan berbisik, “Aku tahu kamu saudaraku, saudariku. Saya merasakan Anda di kedalaman jiwaku. Sukacitamu adalah sukacitaku; rasa sakitmu adalah rasa sakitku; ketakutanmu adalah ketakutanku. Dan ini cinta. "

Kita berkeliaran di padang pasir kesendirian kita sementara jiwa kita mencari pertemuan suci yang membuat kita kagum. Kami merindukan pertemuan jantung dengan manusia, hewan, alam. Gurun kami adalah ladang cinta secara bersamaan, dan kami berjalan melaluinya tanpa bisa merasakan cinta ini. Ini adalah pengondisian manusia kita.

Menemukan Keindahan Kepekaan

Mendengarkan secara mendalam adalah cara untuk menerobos kondisi ini. Selama tujuh minggu retret, saya mendengarkan burung-burung dari pagi hingga malam dan menemukan alam semesta yang menakjubkan di dalam lagu-lagu mereka. Bahkan ketika kita berjalan melalui lembah yang gelap, burung-burung selalu bernyanyi. Ekspresi kegembiraan, manisnya, dan kebebasan mereka bergetar di telinga kita dan memasuki kastil tubuh kita. Tidak mungkin kita bisa menghentikan musik mereka. Mereka bernyanyi di dalam kita. Kita terus-menerus ditembus oleh kepolosan mereka, oleh persembahan Alam untuk indera kita. Dan, tindakan mendengarkan secara mendalam adalah tindakan membangkitkan kepekaan kita.

Mendengarkan burung menjadi meditasi saya. Mendengar musik mereka adalah cara untuk terhubung dengan jiwaku, untuk berubah menjadi seekor burung dan terbang ke dalam diriku — menikmati pemandangan batinku, menemukan kecantikanku. Setiap getaran jiwa saya menunjuk ke Sumber. Saya mabuk pada Tuhan.

Ketika saya keluar dari retret, rasanya seperti hidup tanpa kulit. Sensitivitas saya sangat ekstrem. Saya tahu saya telah menemukan harta karun, dan saya tidak ingin kehilangannya. Kesibukan orang-orang di sekitar saya adalah fenomena yang sangat aneh. Saya tidak mengerti mengapa mereka begitu banyak bergerak dan melakukan banyak hal. Saya hanya ingin menyelam ke dalam keindahan.

Tinggal di Negeri Ajaib

Namun, hidup membimbing saya untuk bertindak dan saya mulai kehilangan kapasitas untuk mendengarkan dengan mendalam. Ego kembali, dengan ketakutan dan kekhawatiran yang menyakitkan. Dan aku bisa merasakan sakit sedalam kecantikan. Enam bulan telah berlalu, dan saya masih dalam proses mengintegrasikan pengalaman retret saya. Pikiranku lebih jernih, tetapi aku masih memiliki kecenderungan untuk tersesat di dalamnya. Ketika pikiran sibuk, saya melupakan keindahan. Namun, saya tahu itu selalu ada.

Wonderland sedang menunggu kita. Ini hanya tentang mendengarkan dengan seluruh keberadaan kita. Jika kita menghidupkan kemampuan mendengarkan ini, semuanya bisa menjadi meditasi. Kita dapat mengisi setiap momen dengan kehadiran; kita dapat membuat setiap pertemuan sumber air hidup. The Universe terus-menerus menyanyikan Lagu Suci. Yang kita butuhkan adalah menyetel hati kita untuk mendengarnya.